Pages

Minggu, 22 Februari 2015

Keris Omyang Jimbe

Salah satu type keris yg paling dicari oleh para kolektor ataupun para pemburu benda-benda bertuah yaitu Keris Omyang Jimbe. Mengapa? Dipandang dari perwujudannya, keris ini terlihat biasa-biasa saja, tetapi dibalik seluruhnya itu ada kapabilitas yg luar biasa yg tak dipunyai oleh rata-rata keris yang lain. Kemampuan yg yg terpendam merupakan keris ini bisa memperlancar rezeki bagi pemiliknya pun mensukseskan segala tipe bisnis. Itulah kenapa keris ini tidak sedikit sekali yg mau memilikinya buat dipakai yang merupakan pesugihan ketajiran.

Konon, kalau suatu suatu gelas diisi dgn seperempat gelas beras. Dulu gelas tersebut ditutup bersama kain putih & Keris Omyang Jimbe ditruh di samping gelas tersebut. Tunggu hingga kira-kira 1 jam & buka tutup gelas tersebut, sehingga keajaiban dapat berjalan. Gelas yg semula berisi cuma seperempat gelas beras sehingga saat ini gelas tersebut berisi 1 gelas beras penuh.

Original nama dari keris ini sebenarnya bukanlah Keris Omyang Jimbe. Kata Omyang sebenarnya diambil dari nama satu orang empu yg bernama Omyang yg hidup terhadap era kerajaan Pajang. Dulu apa nama original dari keris ini? Nama ori dari keris ini yakni Keris Berdapur Puthut Kembar. Tapi dikalangan warga telah terbiasa bersama penamaan Keris Omyang Jimbe.

Terkecuali 2 nama di atas, keris ini pula dikenal dgn sebutan Keris Omyang Tagih, Keris Omyang Tambah Beras, Keris Omyang Cungpet, Keris Omyang Darah & Keris Omyang Kera Nadah (ini ialah salah satu pusaka yg termasuk juga langka).

Dulu apakah seluruh keris “Omyang” lanjut usia semuanya dibuat oleh Empu Omyang? Pasti saja tak. & kenapa kok mampu ada tidak sedikit type dari keris tua Omyang Jimbe? Seluruhnya itu berlangsung dikarenakan adanya perbenadaan persepsi dianara warga kepada era dulu maka turun temurun hingga kini sebab telah terlanjur dikalangan warga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar